Header Ads

Header ADS

KURANG DARI 2 JAM SAT LANTAS POLRES NGANJUK AMANKAN 16 RANMOR DAN 64 STNK

Nganjuk, Pojok Kiri, Menjelang pergantian tahun 2019 ke tahun 2020, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Nganjuk menggelar operasi kendaraan roda dua dengan sasaran knalpot brong. Operasi yang dilakukan di depan Gedung Wanita jalan Yos Sudarso kelurahan Payaman kecamatan/kabupaten Nganjuk meski sasaran utama adalah motor berknalpot brong juga pada kelengkapan kendaraan, seperti Spion, lampu utama, lampu sein, SIM dan STNK.
Seperti yang dikatakan Kapolres Nganjuk AKBP Handoko Subiakto melalui Kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Hegy Renanta pada awak media, menjelang tahun baru pihaknya akan lebih meningkatkan cipta kondisi dalam operasi Lilin Semeru 2019. Seperti penertiban knalpot brong yang dilakukan dengan selektif dan prioritas, hal ini juga berlaku pada spesifikasi yang tidak sesuai dengan kendaraan roda dua, seperti ban yang tidak sesuai stardart (ban mini/ban cacing).
"Operasi dengan sasaran utama knalpot brong, dimaksud untuk menciptakan kondisi yang ramah, karena kendaraan yang memakai knalpot brong bisa mengganggu pengendara lainnya, sebab suara yang ditimbulkan disamping membuat orang kaget juga mengganggu lingkungan sekitar. Bahkan suara yang dikeluarkan motor knalpot brong juga bisa memicu pertikaian," ujar Kasat Lantas Hagy. 
Bahkan menurut Kasat Lantas Hegy, pihaknya akan terus melakukan operasi knalpot brong dan spesifikasi yang tidak sesuai peruntukannya dengan kendaraan bukan hanya menjelang tahun baru tapi akan terus dijalankan sampai masyarakat pemilik kendaraan sadar akan pentingnya  keselamatan dan keamanan diri sendiri, orang lain dan lingkungan, seperti kaca spion yang tidak sesuai standart akan membuat pengendara sulit melihat kebelakang saat mau belok dan akhirnya ditabrak oleh pengemudi yang ada dibelakangnya. 
Juga kelengkapan lainnya pada kendaraan bermotor (ranmor), sebagai antisipasi terjadinya pencurian ranmor. Sedangkan pada operasi yang dimualai jam 15.30 WIB dan berakhir jam 17.00 WiB,  Satlantas Polres Nganjuk berhasil mengamankan 6 kendaraan roda dua berknalpot brong dan 10 ranmor yang tidak dilengkapi surat-surat serta 64 STNK motor karena pengemudi tidak memiliki SIM.
"Bagi ranmor yang tidak sesuai spesifikasi, akan dilakukan pengamanan kendaraan di Polres Nganjuk, dan bisa diambil kembali oleh pemilik, apabila onderdil yang dianggap tidak memenuhi standart diganti sesuai peruntukannya seperti 6 motor knalpot brong, dan bagi 10 kendaraan yang diamankan juga bisa diambil kembali oleh pemiliknya setelah membawa alat bukti berupa STNK atau alat bukti lainnya," pungkas Kasat Lantas Hegy pada rekan media disela-sela operasi Lilin Semeru 2019 di depan Gedung Wanita, 30/12/2019, sore. (Ind)

No comments

Powered by Blogger.