Header Ads

Header ADS

POLRES NGANJUK BARENG BNN LAKUKAN PEMERIKSAAN DAN TES URINE PADA KREW BUS

Nganjuk, Pojok Kiri, Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya kendaraan angkutan umum menjelang libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Nganjuk bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk, menggelar Operasi Lilin Semeru 2019 dengan melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan kendaraan serta tes urine terhadap pengemudi dan krew Bus Antar Kota dan Provinsi di Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk.
Seluruh pengemudi Bus yang transit di Terminal Anjuk Ladang tanpa kecuali langsung diarahkan petugas BNN Kabupaten Nganjuk bersama petugas Dishub dan Polres Nganjuk menuju ke ruang tes urin, sedangkan busnya diperiksa para petugas Dishub dan unit Lantas Polres Nganjuk. Dari semua pengemudi bus yang sudah di tes, tidak terindikasi melakukan penyalahgunaan narkoba dengan hasil negatif sedangkan busnya juga dalam keadaan layak jalan. 
Sebagaimana yang dikatakan oleh kapolres Nganjuk, AKBP Handono Subiakto pada awak media, pemeriksaan dan tes urine terhadap sopir dan krew bus angkutan umum, dilakukan dalam rangka antisipasi penyalahgunaan narkoba jelang libur Natal dan tahun baru 2020 serta kelayakan dari bus itu sendiri. Dengan tujuan agar seluruh penumpang aman, nyaman dan sampai tujuan dengan selamat.
”Pada pemeriksaan kali ini, semua bus angkutan umum baik angkutan dalam Provinsi dan antar Provinsi dalam keadaan layak jalan sedangkan sopir dan krewnya tidak satupun terindikasi narkoba. Para sopir dan krew bus disamping dilakukan tes urine juga diberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Harapan kami pada semuanya baik sopir, krew dan para penumpang bus untuk tidak mudah terbujuk kedalamnya apalagi mengkonsumsi narkoba” ujar kapolres Handono yang didampingi kasat Lantas Polres Nganjuk AKP Hegy Renata.
Ditempat yang sama Setiawan perwakilan BNN mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Polres Nganjuk, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Bhayangkara kabupaten Nganjuk dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2019. Khusus BNN dan petugas dari RS sebatas melakukan tes urine. Hal ini sebagai upaya melakukan Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba di wilayah hukum Polres. 
"BNN dalam rangka cipta kondisi di Terminal Anjuk Ladang, sebatas pada tes urine. Untuk awal, kami targetkan pada 50 awak bus yang transit disini. Sedangkan hasil pada hari ini adalah negatif, tidak ada yang terindikasi memakai narkoba. Tapi kalau nanti diketahui ada, dari salah satu krew bus yang terindikasi memakai barang haram tersebut, kami akan melakukan penggeledahan pada bus dan barang bawaan dari yang bersangkutan, sedangkan pemakainya kami serahkan pada unit Resnarkoba Polres Nganjuk," pungkasnya, 17/12/2019. (Ind) 

No comments

Powered by Blogger.