Header Ads

Header ADS

KADES SAMBIREJO SIAP CIPTAKAN DESA MANDIRI, KEDEPANKAN KEARIFAN LOKAL

Nganjuk, Pojok Kiri, Peran penting dalam memajukan pembangunan desa adalah transparansi anggaran yang berpihak kepada masyarakat itu sendiri. Hal ini adalah kata kunci kepala desa Sambirejo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Budi Imam Sugiharto yang selalu disampaikan kepada masyarakat desanya. Motto yang diterapkan tidak lain karena kesadarannya atas amanat yang diberikan masyarakat padanya untuk melakukan peningkatan ekonomi kerakyatan. 

Kepercayaan masyarakat yang diberikan pada kades Budi untuk menjadi pemerintahan desa yang berdaya saing, tentu tidak bisa dilakukan sendiri, tapi diperlukan kerjasama yang baik antara dirinya dengan perangkat desa yang lain, BPD, LPMD, dan masyarakat secara keseluruhan. Tentu ini menjadi tantangan bagi dirinya, untuk melakukan terobosan baru dalam menerapkan pembangunan desa Sambirejo khususnya pembangunan sumber daya manusia (SDM). Karena, dipercaya dengan adanya peningkatan skill masyarakat yang lebih baik, akan mampu meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih layak. 

Keseriusan kades Budi akan penerapan hal tersebut, diimplementasikan dalam belanja dana desa yang akan dialokasikan dalam APBDes tahun 2020 yaitu pada sektor produktif, seperti membangun dan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa serta menjadikan desa Sambirejo sebagai desa santun budaya dan lain sebagainya. "Tujuan dari pemerintah desa sekarang yaitu untuk mengurangi ketimpangan dan kemiskinan. Hal itu adalah salah satu makna teknis dari visi membangun untuk kepentingan dan berpihak pada masyarakat desa," ujar kades Budi.

Masih menurut kades Budi, dirinya juga merasa tertantang untuk melakukan hal-hal yang baru, dalam berinovasi dibidang pengembangan sektor-sektor yang berpihak pada warganya. Bahkan ia juga berjanji, akan menjadikan desa yang ia pimpin menjadi desa mandiri dan desa percontohan serta mampu menginspirasi penyelengara desa lainnya untuk lakukan terobosan-terobosan dalam mensejahterakan masyarakat desa Sambirejo kecamatan Tanjunganom sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Untuk menunjang semua kinerjanya dalam melakukan percepatan pembangunan, kades Budi akan segera membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan akan ditetapkan dalam peraturan desa (Perdes) yang didalamnya akan memuat visi, misi, tujuan, strategis, kebijakan dan program desa yang berpihak pada masyarakat. Disamping itu ia beserta perangkat desa, LPMD dan BPD juga akan melaksanakan penyusunan dan perencanaan secara partisipatif dengan melibatkan para tokoh masyarakat, dengan sistim penyusunan secara sistimatis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan dengan prinsip pada pemberdayaan, transparansi, akuntabilitas, keberlanjutan dan partisipasi.

"Amanah yang diberikan masyarakat pada saya untuk memimpin desa Sambirejo, sesungguhnya cukup berat tapi saya janji akan melaksanakan dan melanjutkan pembangunan desa dengan mengedepankan keamanan, ketertiban dan kondusifitas desa dengan melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak dalam menjalankan tugas serta lakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa," ujar kades Budi pada media ini.

Ditempat terpisah kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Haris Jatmiko, SPd, MSi mengatakan, pembangunan desa harus mengedepankan kearifan lokal sebagaimana Undang-Undang Nomer 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah memberikan paradigma baru bagi pembangunan desa. Dimana pembangunan desa harus dilakukan dengan bottom up planing dengan mengedepankan kewenangan asal usul dan kewenangan berskala lokal desa. 

"Hakekat dan tujuan pembangunan desa adalah meningkatkan kualitas hidup manusia dengan meningkatkan pelayanan publik di desa dan menanggulangi kemiskinan. Hal yang juga harus diperhatikan bagi semua desa adalah, pembangunan desa jangan sampai menabrak kearifan-kearifan lokal yang akhirnya menjadi pemicu hancurnya semangat gotong-royong, kekeluargaan dan belarasa," pungkas Kadis PMD Haris via selulernya, 02/02/2020. (Ind) 

No comments

Powered by Blogger.