Header Ads

Header ADS

KOMISI IV DPRD NGANJUK DALAM SIDAK MINTA PUSKESMAS LENGKONG PERBAIKI PELAYANAN.

Nganjuk, Pojok Kiri, Dalam rangka memberikan pelayanan yang berpihak pada masyarakat secara umum, Komisi IV DPRD Nganjuk mengagendakan dan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Lengkong Kabupaten Nganjuk. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dalam menindaklanjuti laporan (informasi) terjadinya kerusakan bangunan Puskesmas yang baru setahun direnovasi oleh Pemerintah kabupaten Nganjuk.

Sebagaimana yang dikatakan oleh salah satu anggota Komisi IV DPRD Nganjuk, Karyo Sulistiyono dari Fraksi Golkar mengatakan, pihaknya melihat adanya ke-kurang koordinasian diantara petugas Puskesmas. Dimana kerusakan yang terjadi pada bangunan Puskesmas hanya pada genting yang bocor sehingga plavon mengalami sedikit kerusakan.

"Sebenarnya itu bukan persoalan besar terkait informasi kerusakan akibat genting bocor, tapi dampaknya bisa besar apabila dibiarkan air hujan masuk ke ruang obat-obatan dan peralatan medis di Puskesmas Lengkong," kata Karyo Sulistiyono.

Oleh sebab itu, Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk meminta langsung kepada para petugas Puskesmas untuk melakukan perbaikan genting yang bocor secara mandiri. Ini dikarenakan perbaikan seperti itu tidak membutuhkan biaya besar dan tidak harus dikerjakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk atau Pemerintah kabupaten Nganjuk. "Tadi kami sudah meminta kepada Kepala Puskesmas untuk melakukan perbaikan sendiri saja, toh itu biayanya tidak besar dan keterlaluan kalau hal itu tidak bisa dilaksanakan sendiri," ucap Karyo Sulistiyono lagi.

Memang, diakui Karyo Sulistiyono, persoalan kualitas layanan Kesehatan masyarakat di Puskesmas menjadi perhatian serius Komisi IV DPRD Nganjuk. Ini dikarenakan layanan Puskesmas kepada masyarakat tidak boleh terabaikan. Dengan demikian, bila sedikit ada persoalan menyangkut layanan atau fasilitas kesehatan di Puskesmas maka Komisi IV DPRD Nganjuk dipastikan akan langsung merespon dengan cepat.

"Karena kami tidak ingin bila nantinya Puskesmas sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) justru kualitas layanan kepada masyarakat dan fasilitasnya yang dimiliki mengalami penurunan. Makanya kami intensif memantau kesiapan semua Puskesmas di Kabupaten Nganjuk sebelum menjadi BLUD yang rencananya dimulai tahun depan," tutur Karyo Sulistiyono. (Ind) 

No comments

Powered by Blogger.