Header Ads

Header ADS

SMAN 1 TANJUNGANOM TERAPKAN SEKOLAH RAMAH ANAK BERBASIS KARAKTER

Nganjuk, Pojok Kiri, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, saat ini merancang suatu sistem pendidikan yang ramah anak dan berkarakter Pancasila, hal ini tidak lepas dengan definisi pendidikan menurut UUD 1945 Pasal 28C adalah bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan umat manusia. Sedangkan menurut UU Sisdiknas Pasal 3 bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggungjawab.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Sigit Tri Tjahjono, SPd, MSi pada media ini, pihaknya akan terus melakukan pembenahan sistem pendidikan yang berkualitas handal yang akan selalu diterapkan di SMAN 1 Tanjunganom dan sampai saat ini terus berkembang serta harapnya, nanti akan membentuk siswa peserta didik yang tertib. Tertib bukan hanya dalam hal tata tertib namun dalam hal akhlak yang baik. Mulai dari peserta didik yang awalnya berangkat terlambat hingga berubah menjadi berangkat paling awal. semua itu tentu tidak lepas dari dukungan para stakehorder yang saling menguatkan.

Sangsi yang diterapkan oleh pihak sekolah-pun tidak lagi berupa hukuman fisik tapi melalui pendekatan dari hati ke hati mencari akar permasalahan kenapa peserta didik sampai melakukan pelanggaran dan sampai mendapatkan solusinya. Sehingga diharap dengan sistem yang demikian akan membentuk anak yang penuh cinta kasih. Sebab point pendekatan seperti ini,  nantinya akan membentuk siswa yang tertib dan membentuk kepribadian yang disiplin.

"Kami ingin menjadikan SMAN 1 Tanjunganom menjadi Sekolah Ramah Anak yang berbasis Karakter yang siap mencetak peserta didik yang handal dengan lulusan yang berdaya saing tinggi. Ini memang sangat berat tapi kami yakin dengan adanya dukungan dari semua lapisan akan menjadi ringan untuk menerapkan semua itu. Yang terpenting, disamping ada program juga harus ada kemauan semua akan lancar," ujar kepala SMAN 1 Tanjunganom Sigit. 

Masih lanjut Kepala SMAN 1 Tanjunganom Sigit, program Sekolah Ramah Anak Berbasis Karakter yang akan diterapkannya bertujuan agar sekolah dapat menjadi media pendidikan yang ramah anak dan berbasis kebutuhan lokal, dimana tenaga pendidik dalam proses belajar wajib menggunakan kreasi media kreatif dan inovatif. Sedangkan pada muatan pelajaran maupun penataan ruang kelas diharap peserta didik tumbuh lebih berani, mandiri dan ramah pada semua orang yang merupakan bagian untuk membangun kecakapan personal peserta didik, orang tua didik dan masyarakat bisa memberikan perhatian yang lebih besar pada peserta didik dan sekolah.

"Apa yang kami programkan akan berjalan sesuai ekspektasi, apabila, semua dalam satu pandangan dan satu tujuan yaitu memperbaiki pendidikan yang ramah dan berkarakter. Dan yang terpenting adalah penegakan UU PA Nomer 23 tahun 2002 dilingkungan pendidikan, agar tidak ada lagi kasus pertikaian antar pelajar, atau pelajar dengan guru atau guru dengan guru," pungkas kepala SMAN 1 Tanjunganom Sigit Tri Tjahjono, SPd, MSi diruang kerjanya, 10/02/2020. (Ind)

No comments

Powered by Blogger.