Header Ads

Header ADS

PERSIAPAN NEW NORMAL, DPRD NGANJUK GELAR RAKER BERSAMA DINAS KESEHATAN DAN DUA RSUD.

Nganjuk, Pojok Kiri, Komisi IV DPRD Kabupaten Nganjuk menggelar rapat kerja dengan Dinas Kesehatan Nganjuk, RSUD Kertosono dan RSUD Nganjuk terkait pembahasan rencana pelaksanaan New Normal dan memastikan bagaimana standart protokol kesehatan ketika program tersebut diberlakukan serta bagaimana cara mengedukasi masyarakat secara luas atau apakah nanti diperlukan dilakukan tes atau praktek lainnya sebagai salah satu persiapan diberlakukannya kenormalan baru.

Edy Santoso ketua Komisi IV yang juga pimpinan rapat mengatakan, bagaimana juga cara mempersiapan masyarakat untuk beradaptasi dengan baik pada New Normal. "Dengan dibukanya pelayanan publik, termasuk Masjid dan Gereja yang selama ini ditutup atau dibatasi, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan umum, wajib memakai masker, jaga jarak (social distancing) serta penentuan zona aman, yang katanya saat ini masih dalam tahap pengkajian Dinas Kesehatan," ujar Edy Santoso Ketua Komisi IV DPRD Nganjuk.

Disamping itu standart kesehatan dan penggunaan produk-produk kesehatan tetap harus diutamakan saat kenormalan baru diterapkan. Karena itu semua mempunyai tanggungjawab yang sama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, mulai dari RT sampai Dinas di Pemerintahan Kabupaten Nganjuk. Bahkan Ketua Komisi IV Edy Santoso juga berharap pada semua pihak untuk mempersiapkan diri.

"Dengan ditariknya instruksi terkait Work From Home, dinas wajib menyediakan perlengkapan dan perangkatnya, salah satunya saat melakukan rapat kerja virtual. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah tentang bagaimana cara mengutamakan penerapan protokol kesehatan agar tidak terjadi penambahan positif Covid-19," tambah Edy sesaat setelah selesai agenda rapat kerja DPRD Nganjuk dengan Dinas Kesehatan Nganjuk, RSUD Nganjuk dan RSUD Kertosono.

Dilain pihak menurut dr FX Teguh Prartono Dirut RSUD Nganjuk, menyampaikan, dalam persiapan memasuki New Normal, pihaknya akan mengacu pada protokol kesehatan, agar pengunjung atau pasien dapat terdeteksi secara dini, apabila salah satu diantaranya membawa virus Corona serta penanganannya bisa lebih cepat dan resiko penularannya bisa dicegah atau diantisipasi sekecil mungkin.

"New Normal adalah kembali pada kehidupan atau tatanan yang normal, tapi tetap berpedoman pada protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan penularannya bisa diantisipasi sedini mungkin. Karena itu bagi pasien atau para pengunjung RSUD Nganjuk, wajib memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak. Hal ini juga berlaku bagi tenaga medis dan non medis yang ada di RSUD Nganjuk," tutur Dr FX Teguh Prartono Dirut RSUD Nganjuk pada media ini, 08/06/2020. (Ind)

No comments

Powered by Blogger.