Header Ads

Header ADS

SETELAH 8 BULAN KOSONG, BUPATI NGANJUK LANTIK KADISDIK JADI SEKDA DEFINITIF

Nganjuk, Pojok Kiri, Setelah dilakukan proses seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) 2020, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Nganjuk akhirnya resmi menjabat sebagai Sekda Kabupaten Nganjuk, hal ini setelah 8 bulan (sejak 31/12/2019) terjadi kekosongan jabatan (sejak Sekda Agoes Soebagijo dimutasi menjadi staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan) dengan pengganti yang ditunjuk sebagai Plt Sekda Nur Solekan yang kemudian pada Senin malam, 04/05/2020 dilantik lagi menjadi pejabat (Pj) Sekda.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekda definitif Drs Mokhamad Yasin, MSi pada kali ini dilakukan oleh Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat di Pendopo Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Selasa, 04/08/2020 pada pukul 15.15 WIB yang juga dihadiri unsur Forkopimda dan beberapa pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk serta tamu undangan yaitu Sekda Kabupaten Tuban dan Sekda Kabupaten Madiun.

Dalam sambutannya, Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan bahwa penetapan Mokhamad Yasin sebagai sekda telah melalui proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang dilakukan beberapa waktu lalu dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Bupati Novi juga menyampaikan bahwa jabatan Sekda memiliki peran yang vital dalam membantu kepala daerah menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, dan unit pelaksana lainnya. “Sebagai motor penggerak organisasi pemerintah daerah Sekda terpilih, saudara Mokhamad Yasin, sudah seyogyanya dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik," sambut Bupati Novi.

Disamping itu menurut Bupati Novi, Sekda harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif, karena seorang sekda juga dituntut untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal. “Sekda dan juga yang lainnya harus sepenuhnya menyadari, bahwa tantangan tugas-tugas Pemerintah Kabupaten Nganjuk semakin hari akan semakin berat, terutama untuk memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat,” ujar Bupati Novi.

Dan terakhir, Bupati Novi juga berpesan, jabatan Sekda yang sekarang disematkan pada Mokhamad Yasin adalah amanah yang harus dipikul dan dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, serta selalu memberikan teladan bagi Aparatur Sipil Negara lainnya. “Pelantikan pada hari ini hendaknya dimaknai sebagai momentum langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas pemerintah daerah yang lebih baik, khususnya untuk menjalankan pelayanan yang tetap prima dan Nyawiji,” tutur Bupati Novi, 04/08/2020. (Ind)

No comments

Powered by Blogger.