Header Ads

Header ADS

SKB CPNS NGANJUK 2019 DIGELAR 06 SEPTEMBER, BLUD RSUD KERTOSONO DIMUNGKINKAN OKTOBER 2020

Dr. Sopingi, Kepala BKD Kabupaten Nganjuk 

Nganjuk, Pojok Kiri, Pelaksanaan tahap ke dua seleksi kompetensi bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPN) 2019 Kabupaten Nganjuk, yang sempat molor beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, kini akan digelar kembali pada hari Minggu, 06 September dan berakhir pada 08 September 2020 (digelar selama tiga hari) dengan jumlah peserta (yang lolos tahap pertama seleksi kompetensi dasar) sebanyak 1.494 peserta dengan kuota sebanyak 646 formasi.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nganjuk, Sopingi pada media ini, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, sebanyak 26 peserta dari jumlah peserta keseluruhan yang lolos seleksi pertama akan mengikuti seleksi tahap ke dua (ujian SKB) dengan sistem jarak jauh (daring). 

"Ini bukan bentuk pelonggaran peserta dalam memilih tempat atau sistem ujian. Tapi sebagai langkah antisipasi penularan Covid-19, agar tidak terjadi cluster CPNS. Karena sistem yang diambil saat ini tidak bisa dilakukan seperti tahap pertama. Bahkan pelaksanaanpun dibagi beberap sesi dan tiap sesi diikuti sebanyak 125 peserta dengan tempat duduk dibuat renggang sebagaimana protokol kesehatan," ujar Sopingi.

Masih menurut Kepala BKD Sopingi, setelah pelaksanaan CPNS, pihaknya juga akan melakukan rekrutmen Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk RSUD Kertosono yang diperkirakan pelaksanaannya pada bulan Oktober 2020 besuk. Ini sebagai bentuk peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Lagi pula Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di RSUD Kertosono sebanyak 106 orang berakhir bulan September dan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang Nomer 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tegas mengatakan THL tidak ada. Jadi untuk perpanjangan-pun tidak ada aturan yang mengaturnya.

"Untuk pelaksanaan BLUD RSUD Kertosono tinggal nunggu anggaran PAK dan juknis dari BKN. Tapi Iin syaa Allah bulan Oktober sudah bisa dilaksanakan. Sedangkan bagi THL yang masih ingin tetap bekerja di RSUD Kertosono, kami himbau besuk untuk ikut rekrutmen BLUD," kata Sopingi lagi.

Sedangkan untuk rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya,  diperkirakan akan di mulai pada tahun 2021, sebab, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 belum dianggarkan. "Untuk proyeksi awal rekrutmen P3K adalah tenaga pendidik. Meski demikian kami tetap mengusulkan semua OPD bisa lakukan rekrutmen P3K," tutur Sopingi Kepala BKD Kabupaten Nganjuk, 03/09/2020.

Dan untuk diketahui jumlah THL yang ada di kabupaten Nganjuk keseluruhan berjumlah sekitar 6200 THL yang tersebar diberbagai OPD. Dari jumlah tersebut menurut Kepala BKD masih kekurangan pegawai sebanyak 2 ribu pegawai. Hal ini dikarenakan jumlah ASN yang dibilang masih sedikit, terutama di tenaga pendidik, kesehatan dan sebagainya. (Ind)

No comments

Powered by Blogger.